Buku: Kritik Hizbut Tahrir Terhadap UUD Mesir

uud baru mesir

undang-undang dasar mesir

Pada bulan Februari 2013, Hizbut Tahrir mengeluarkan sebuah kutaib (buku kecil) yang ditujukan kepada kaum muslimin menanggapi disahkannya Undang-undang Dasar Mesir yang telah menimbulkan gejolak politik di negara tersebut. Buku kecil setebal 141 halaman ini diberi judul “Naqdlud Dusturil Mishriy al-jadid min wujhati Nadharil Islam” (Sanggahan Terhadap UUD Mesir Yang Baru Dalam Perspektif Islam).

Buku ini diawali dengan tamhid, pengantar dari Amir Hizbut Tahrir, Atha Abu Rusytah, yang bicara mengenai bagaimana penjajah berusaha untuk mempermak racun-racun mereka dalam bentuk undang-undang dasar yang seolah-olah terlihat islami agar tidak mendapat penolakkan dari umat. Beliau juga berbicara mengenai pihak-pihak mana saja yang berperan dalam penyesatan tersebut.

Bagian selanjutnya adalah muqaddimah. Bagian ini berisi respon umum terhadap UUD Mesir yang baru. Menyoroti enam poin penting yang dikupas dalam perspektif Islam. Enam poin itu adalah masalah: (1) Apa yang menjadi dasar bagi keabsahan undang-undang dasar tersebut? wahyu (Kitab dan Sunnah) atau yang lainnya?; (2) Kedaulatan di tangan Syara’ atau rakyat? (3) Apakah demokrasi yang mana UUD tersebut bernisbat kepadanya berasal dari Aqidah ISlam atau dari akidah kufur? (4) Apakah kebebasan yang tertera dalam UUD tersebut (kebebasan beraqidah, berbicara, kepemilikan dan kebebasan pribadi) merupakan suatu hal yang diakui oleh Islam atau justru bertentangan dengan Islam? (5) Sorotan terhadap pasal 222 yang menyatakan masih berlakunya semua UU sebelum disahkannya UUD yang baru, (6) Sorotan terhadap poin 10 dalam pembukaan UUD yang menyatakan bahwa kesatuan Arab merupakan “panggilan sejarah”.

Bagian ketiga adalah kritik terhadap UUD Mesir yang baru pasal per pasal. Tidak semua pasal disoroti, hanya pasal atau ayat yang perlu mendapat kritik dan penjelasan saja yang diangkat. Pasal-pasal tersebut dikupas dalam 24 poin terpisah.

Bagian keempat adalah rancangan UUD yang diajukkan oleh Hizbut Tahrir. Rancangan ini dilampirkan sebagai pembanding. Buku kecil ini hanya mencantumkan pasal-pasalnya saja (sampai 191), tidak dicantumkan dalil dan proses penggalian hukum dari masing-masing pasal. Buku kecil ini memberi saran kepada pembaca yang ingin mengetahui dasar penggalian hukum dari masing-masing pasal untuk merujuk kepada kitab Muqaddimatud Dustur Au al-Asbab al-Mujibatu Lahupembela khilafah 5/3/13

Klik kanan save untuk download Kutaib HT Sanggahan Terhadap UUD Mesir Yang Baru Dalam Perspektif Islam